Tehnik Relaksasi Cepat

Di tengah kehidupan modern yang penuh dengan ketergesa-gesaan, hampir setiap orang merasa diburu-buru oleh sesuatu. Sebagai akibatnya, banyak orang yang merasa stress, dan kehilangan waktu untuk mendapatkan ketenangan atau sekedar santai sejenak.

Anda tidak perlu menjadi pakar untuk dapat melakukan tehnik relaksasi cepat, bahkan Anda dapat melakukannya dengan cara yang menyenangkan dan tidak diduga.

Beberapa cara berikut adalah tehnik relaksasi cepat yang dapat Anda lakukan di manapun Anda berada.

  • Minum segelas susu hangat
  • Makan sebuah pisang
    Susu dan pisang mengandung asam amino yang disebut tryptophan. Tryptophan adalah asam amino yang digunakan untuk memproduksi hormon serotonin yang memiliki efek menenangkan tubuh.
  • Bersenandung atau bersiul
    Sekalipun Anda tidak pandai bernyanyi, bersenandung ataupun bersiul menciptakan pola frekuensi suara yang memberikan perubahan positif terhadap gelombang otak Anda. Pola frekuensi suara ini membangkit gelombang otak alpha yang membangkitkan rasa tenang.

tehnik-relaksasi-cepat

  • Melakukan gerakan meniup lilin
    Tarik napas panjang dengan menggunakan hidung Anda, kemudian tahan beberapa saat di perut, dan hembuskan sekuat tenaga dengan menggunakan mulut Anda.  Orang stress biasa melakukan gerakan napas pendek-pendek tanpa disadari. Secara sengaja memperlambat napas Anda, akan menurunkan detak jantung Anda, dan Anda akan merasa relaks.
  • Tersenyum
    Senyum adalah hal yang paling sulit dilakukan saat Anda sedang stress. Untuk itu, Anda harus sengaja memaksa diri Anda untuk tersenyum. Cara paling mudah adalah menghadap cermin, kemudian tersenyum selama minimal 10hitungan. Mood Anda akan berubah menjadi lebih baik setelah tersenyum.

Jadi… lain kali Anda merasa stress, Anda dapat mempraktekkan tehnik relaksasi cepat ini.

3 Replies to “Tehnik Relaksasi Cepat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *