Gaya Hidup Sehat Dengan Makanan Sehat

Gaya hidup sehat dimulai dari cara pandang sehat yang diimplementasikan di dalam perilaku sehari-hari dan bukan hanya program diet instant sesaat. Mengubah mindset dimulai dari keinginan hidup sehat dan kita bisa memulai dari memilih makanan yang sehat.

Kita mengenal kalimat ‘You are what you eat‘. Maksudnya adalah apa yang kita makan menjadikan kondisi diri kita saat ini. Jika kita mengkonsumsi makanan sehat, maka konsekuensinya tubuh akan menjadi sehat. Jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, maka tubuh menjadi tidak sehat. Selama kita hidup, kita akan selalu makan, dan oleh karenanya dibutuhkan kesadaran untuk senantiasa memilih makanan yang sehat. Hindari kalori berlebihan, terutama kalori dari makanan yang tidak sehat.

Secara garis besar, ada enam zat gizi yang kita butuhkan, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sebaiknya kita memilihi sumber bahan makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang tepat, sehingga kita dapat hidup lebih baik dan terhindar dari penyakit di masa datang.

Karbohidrat yang sehat adalah karbohidrat yang kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga membuat gula darah stabil. Gula darah stabil akan mengurangi resiko penimbunan gula menjadi lemak. Kelebihan gula, nasi, roti, mie, atau kue akan ditimbun menjadi lemak.

Protein yang kita butuhkan adalah yang memiliki struktur asam amino lengkap, dan lebih baik jika pengolahannya tidak digoreng. Karena makan yang digoreng selain mudah sekali ditimbun mejadi lemak, juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Sumber protein hewani seperti sapi, ayam, dan susu hendaknya merupakan produk organik, yang artinya diberi pangan alami dan tidak menggunakan obat-obatan sintesis, sehingga mengurangi resiko penumpukan toksin dalam tubuh.

Lemak juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Semua dinding sel tubuh manusia membutuhkan lemak yang sehat, misalnya yang kaya akan omega 3 dan 6 yang seimbang. Apabila tubuh kekuranan lemak sehat, proses pembentukan hormon steroid alami akan terganggu, dinding sel tubuh menjadi tidak optimal dan aliran darah kurang lancar. Lemak yang digoreng akan memberikan kelebihan kalori.

Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan ini bisa diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Kesehatan kulit, jantung dan pembuluh darah, dan pembentukan tubuh, semua prosesnya membutuhkan vitamin dan mineral yang alami. Usahakan konsumsi buah dan sayur lokal yang lebih segar dan sehat. Kesehatan bukan segalanya, tapi tanpa kesehan segalanya tiada artinya.

Tulisan Dr Phaidon Lumban Toruan
Sumber: Newsletter Oriflame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *