Merawat Kecantikan Yang Alami

Kecantikan identik dengan wanita. Kecantikan kulit wajah merupakan salah satu cerminan pribadi seseorang. Cantik bukan harus berarti molek dengan hidung mancung, wajah oval dan mata bulat seperti bidadari. Cantik adalah pancaran dari diri seseorang. Merawat kecantikan yang alami lebih utama dibandingkan dengan perawatan wajah mengunakan kosmetika yang mengandung bahan-bahan berbahaya yang justru merusak atau memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan kulit.

Kulit wajah tersusun atas berbagai protein, antara lain adalah elastin dan kolagen. Kualitas elastin dan kolagen mempengaruhi kekencangan dan elastisitas kulit. Kecantikan salah satunya tercermin dari wajah yang nampak kenyal, kencang dan bersinar. Guna meningkatkan elastisitas serta kekencangan kulit wajah dapat dilakukan dengan cara meningkatkan suplai gizi. Asupan penting bagi elastisitas kulit antara lain adalah dengan mengonsumsi vitamin A dan C. Vitamin A dan C dapat membantu produksi kolagen dan elastin. Selain itu vitamin C juga berperan maningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang prima, maka penyakit tidak mudah menyerang sehingga wajah menjadi nampak sehat berseri dan tidak pucat.

Asupan gizi lain untuk menambah kecantikan adalah konsumsi sayuran. Sayuran mengandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah. Kelancaran peredaran darah menambah keceriaan dan vitalitas tubuh. Stamina yang meningkat menimbulkan penampilan yang lebih terampil dan menarik. Bisa dibayangkan seseorang yang mengalami kurang darah akan Nampak pucat, lesu dan kurang bertenaga. Penampilan lesu dan tidak bertenaga menjadikan seseorang tidak menarik.

Konsumsi air minum yang cukup, sebanyak minimal 8 gelas satu hari. Konsumsi air minum khususnya air putih yang cukup dan teratur meningkatkan peredaran darah, membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar proses metabolisme.

Merawat kecantikan yang alami tidak hanya masaah kecantikan wajah belaka. Namun kecantikan tubuh secara menyeluruh dari ujung rambut sampai ujung kaki sangat diperlukan. Selain wajah, rambut juga tidak luput dari sisi perawatan. Meskipun pada sebagian wanita rambut mengenakan penutup atau kerudung, namun perawatannya tidak boleh diabaikan. Perawatan rambut secara alami selain melakukan keramas dengan teratur juga perlu perawatan lain seperti cream bath atau pemijatan rambut yang fungsinya adalah meningkatkan peredaran darah.

Beberapa tren rambut terkini adalah menggunakan pengecatan rambut, juga perombakan tekstur rambut seperti keriting, rebonding ataupun papan pemanas rambut (catok) dapat merusak kesehatan rambut. Guna mencegah kerusakan rambut akibat perlakuan sebagaimana tersebut di atas perlu menggunakan masker rambut. Masker rambut alami yang dapat digunakan antara lain adalah dengan bahan-bahan alami baik herbal maupun hewani. Beberapa di antaranya adalah mengenakan masker avocad, masker ginseng dan masker daun rambutan untuk menghaluskan, melembabkan serta mencegah kekeringan pada rambut. Penggunaan masker telur dapat mengurangi terjadnya rambut bercabang. Rambut merah dan kering akibat paparan panas secara ekstrim termasuk terpapar sinar matahari dapat dikurangi dengan menggunakan masker minyak kemiri dan masker daun rambutan.

Ketombe selain menyebabkan kulit kepala terasa gatal juga dapat membuat rambut rontok. Guna mencegah kerontokan rambut, masker ginseng dan masker lidah buaya dapat digunakan. Aplikasi minyak rambut juga membantu merawat rambut. Minyak rambut dapat dibuat secara alami menggunakan paduan daun mangkokan dan daun pandan yang diiris halus kemudian digoreng di dalam minyak kelapa. Hasil penggorengan disaring dengan saringan nilon yang bersih kemudian ditempatkan pada botol yang bersih dan telah disterilkan dengan cara merebus botol pada air mendidih atau menguapkannya. Minyak rambut buatan tersebut dapat dipakai setiap selesai keramas atau menjelang tidur. Supaya kotoran pada tempat tidur tidak menempel pada rambut, sebaiknya bantal diberi alas bersih yang mudah dilepas dan tidak sulit dibersihkan.

Vitamin E alami sebagaimana terdapat pada tauge sangat bagus untuk perawatan kecantikan. Vitamin E mengandung antioksidan yang salah satunya berperan mencegah penuaan dini.

Cara lain merawat kecantikan secara alami adalah mencegah terjadinya osteoporosis. Kekeroposan pada tulang yang dapat menimbulkan postur tubuh yang kurang sempurna dapat dicegah dengan berbagai konsumsi alami. Daun Dewa dikenal mampu mencegah osteoporosis. Konsumsi bahan makanan yang mengandung fosfor dan kalsium tinggi juga bagus untuk mencegah osteoporosis. Beberapa makanan yang memiliki kandungan kalsium dan fosfor antara lain adalah mentega, zat putih telur, sumsum tulang, susu, daging ikan, minyak ikan. Singkong, salah satu jenis makanan rakyat ternyata juga mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Pisang juga mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dan penting guna mencegah kekeroposan tulang.

Selain menggunakan konsumsi, untuk meningkatkan kecantikan juga dapat dilakukan dengan pola istirahat yang teratur. Istirahat secara cukup dibutuhkan tubuh karena pada kondisi istirahat, energi terbentuk secara maksimal dan terjadi perbaikan sel-se yang rusak. Pikiran positif juga harus diterapkan. Dengan berpikir secara positif ditambah dengan kedekatan kepada Sang pencipta meningkatkan ketenangan sehingga berdampak positif pula bagi kecantikan fisik. Demikian kiat merawat kecantikan yang alami.

2 Replies to “Merawat Kecantikan Yang Alami”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *