9 Kebiasaan Buruk yang Mendatangkan Jerawat

Kebiasaan Buruk no.1: Membersihkan Wajah Terlalu Sering
Sangat penting untuk memiliki kulit wajah yang bersih. Namun, terlalu sering mencuci wajah hanya akan membuat jerawat semakin memburuk. Bersihkan wajah Anda dua kali sehari, pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Kebiasaan Buruk no.2: Menggosok Wajah Terlalu Keras
Menggosok wajah terlalu keras menggunakan handuk, tissue, ataupun alat lain, akan menyebabkan iritasi – dan memperparah jerawat. Gunakan pembersih yang lembut dan bebas sabun, dan air suam-suam kuku untuk membersihkan wajah.

Kebiasaan Buruk nomor 3: Tidak Membersihkan Keringat
Setelah berolahraga atau beraktivitas di bawah sinar matahari, kulit akan mengeluarkan keringat. Jangan biarkan keringat mengering dengan sendirinya. Sebaiknya selalu cuci wajah setelah menjalankan aktivitas berkeringat.

Kebiasaan Buruk no.4: Memegang dan Memencet Jerawat
Hindari kedua kegiatan ini. Memegang jerawat akan memperparah infeksi. Memencet jerawat akan membuat kulit menjadi luka, dan infeksi semakin dalam. Sebaiknya biarkan jerawat, dan tetap aplikasikan obat jerawat, dan biarkan jerawat mengecil dan mengering sendiri.

Kebiasaan Buruk no.5: Malas Keramas
Jika kulit kepala berminyak, sangat disarankan agar mencuci rambut setiap hari. Ini dilakukan untuk menghindari keringat dan minyak dari kulit kepala mengalir ke wajah Anda dan menyebabkan jerawat.

Kebiasaan Buruk no.6: Tidak Melindungi Wajah Dari Produk Penata Rambut
Hair spray, gel, mousse, dan produk perawatan rambut lain harus dihindarkan dari wajah. Produk-produk ini dapat menutup pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Selalu tutup wajah saat menggunakan produk ini.

Kebiasaan Buruk no.7: Makan Makanan Berlemak
Makan Berlemak dapat memperparah jerawat. Hindarkan junk-food sebisa mungkin. Selalu makan makanan sehat.

Kebiasaan Buruk no.8: Menggunakan Kosmetika Berbahan ‘Minyak’
Kosmetika berbahan ‘minyak’ akan menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Sebaiknya gunakan produk kosmetika yang berlabel ‘non-comedogenic’.

Kebiasaan Buruk no.9: Menghentikan Pengobatan Jerawat
Jangan menghentikan pengobatan jerawat di tengah jalan. Ini hanya akan memperparah jerawat. Lakukan pengobatan hingga tuntas. Beberapa perawatan tidak akan memberikan hasil instant. Percayalah tidak selama instant itu baik 🙂

2 Replies to “9 Kebiasaan Buruk yang Mendatangkan Jerawat”

  1. Bener banget tuh, malas keramas memang penyebab jerawat paling sering. Meskipun terdengar tidak masuk akal namun hal ini memang benar adanya. Sebab jika anda tidur dengan rambut yang kotor, ini dapat membuat kotoran pada rambut menempel di wajah, jika tidak rutin membersihkannya maka dapat menyebabkan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *