Yang Perlu Diketahui tentang SUNSCREEN

Sunscreen termasuk salah satu kosmetik yang wajib dimiliki, terutama untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia yang dilimpahi sinar matahari sepanjang tahun. Sinar matahari menimbulkan berbagai akibat buruk pada kulit. Mulai dari menyebabkan pigmentasi, membuat kulit kering, menyebabkan penuaan dini, dan yang paling menakutkan adalah menyebabkan kanker kulit.

Untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, para ahli menganjurkan mengoleskan sunscreen. Banyaknya sunscreen di masa kini mungkin membuat Anda bingung, sebaiknya pilih yang mana. Berikut, beberapa hal yang perlu diketahui tentang sunscreen.
Bentuk

Sunscreen terdiri dari berbagai bentuk. Mulai dari lotion, gel, cream, stik wax, spray, dan tissue basah. Orang-orang yang rentan jerawat bisa memilih sunscreen dengan formula dasar air, biasa dalam sedian bentuk gel. Untuk yang berkulit sensitif, biasanya sediaan berbentuk cream biasanya kurang mengiritasi dibandingkan gel atau lotion. Cream juga pilihan baik bagi Anda yang berkulit kering. Orang-orang dengan reaksi alergi tertentu bisa menggunakan sunblock, biasanya mengandung zinc oxide atau titanium oxide.
Rekomendasi:
Oriflame Sun Spray SPF 15
Oriflame Optimals Day Shield SPF 30
Oriflame Skindividual Day Fluid SPF 15
Sinar
Ada dua jenis radiasi matahari yang menjangkau kulit kita, yaitu sinar ultraviolet A (UVA), dan ultraviolet B (UVB). Beda dengan pendapat sebelumnya, para ahli kini menemukan kedua jenis sinar UV ini dapat menyebabkan kulit ternakar dan kanker kulit, terutama sinar UVB. Para ahli menganjurkan menggunakan produk yang mencegah kedua sinar ini. FDA Amerika belum menyetujui sistem penilaian untuk perlindungan UVA, tapi produk yang memblok paling banyak UVB secara umum juga memblok sebagian UVA.
Kekuatan
Kekuatan sunscreen dinilai dalam SPF – Sun Protection Factor, yang menunjukkan berapa lama Anda dapat terpapar sinar matahari sebelum kulit terbakar. Dihitung dengan memnadingkan waktu untuk sinar UVB membakar kulit yang tak terlindung.
Sebagai contoh, jika orang dengan kulit putih tak terlindung mulai terbakar dalam 10 menit, sunscreen dengan SPF 15 akan melindungi kulit orang tersebut selama 150 menit.

SPF 2 memblok 50% sinar UVB dan SPF 15 memblok 93%. Tapi hati-hati, SPF yang lebih tinggi tidak selalu berarti lebih baik. SPF 30 misalnya, memblok 97% UVB, tapi SPF 50 atau 60 tidak memberikan perlindungan lebih. American Academy of Dermatology (AAD) menganjurkan menggunakan sunscreen dengan SPF paling sedikit 15, lebih disukai produk waterproof atau water-resistant.
Ingredient (Komposisi produk)
Sunscreen terdiri dari 2 tipe utama: sunscreen zat kimia dan sunscreen fisik. Sunscreen zat kimia mengabsorp sinar UV, sedangkana sunscreen fisik mengabsorp, memblok, memantulkan atau memancarkan sinar UV menjauh dari kulit. Ingredient yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVB dan UVA terdiri dari zat kimia benzophenones (oxybenzone), cinnamates (octylmethyl cinnamate dan cinoxate), sulibenzone, salicylates dan sunscreen fisik; titanium oxide, zinc oxide, helioplex, mexoryl, avobenzone (Parsol 1789). Para ahli dermatologi menganjurkan produk sunscreen fisik untuk perlindungan terbaik terhadap UVA dan UVB.

Pengolesan
Paparan terhadap sinar matahari beberapa menit menghasilkan vitamin D. Tapi jika Anda akan berada di luar selama 10 menit atau lebih, termasuk saat cuaca mendung, gunakan sunscreen. Oleskan dlaam julah banyak pada kulit kering sekitar 20 sampai 30 menit sebelum keluar. Oleskan pada kelopak mata, hidung , telinga, leher, tangan, dan kaki.
Oleskan ulang setiap 2 jam dan sesudah berkeringat dan berenang, kendatipun produk dilabeli kata waterproof. Topi lebar dan busana yang ditenun padat dengan model longgar juga dapat membantu.

Produk untuk Anak
Sampai saat ini belum diketahui apakah sunscreen aman digunakan pada bayi yang lebih muda dari 6 bulan. Sebelum menggunakan sunscreen diskusikan dulu dengan dokter anak Anda.

Untuk anak berumur di atas 6 bulan, gunakan sunscreen yang khusus diformulasikan untuk anak.
Rekomendasi:
Oriflame SunCream for Kids SPF 40
Jangan abaikan bibir dan mata
Lindungi bibir dnegan mengoleskan lip balm yang mengandung sunscreen dan oleskan ulang setiap jam. Lindungi mata dengan mengenakan kacamata tabir surya.
Rekomendasi:
Oriflame Liplicous LipBalm SPF 12
Oriflame LipSPA Therapy SPF 8
Oriflame PopGlam Sunglasses
sumber: Tabloid Aura XII/33

Untuk info lebih lanjut, hubungi Beauty Consultant Anda di sini.

One Reply to “Yang Perlu Diketahui tentang SUNSCREEN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *